Fungsi Utama dan Fungsi Pendukung Kota Malang


Berdasarkan pola perkembangan dan pertumbuhan kota, maka dapat diperoleh gambaran, bahwa Kota Malang memiliki berbagai fungsi pengembangan utama maupun pendukung.

Fungsi Utama Kota Malang sebagai :

-      Pusat Kegiatan Nasional

-      Pusat Kegiatan Wilayah berskala regional, dan

-      Pusat Pelayanan Kawasan Andalan Malang Raya

Fungsi Pendukung Kota Malang meliputi :

-      Sebagai Pusat Pelayanan SWP Malang Raya

-      Merupakan sentra akomodasi di wilayah Malang Raya

-      Merupakan pusat pelayanan regional di wilayah Malang Raya

-      Kebijakan penetapan Kota Malang sebagai kota pendidikan bertaraf internasioanls erta sebagai kota pariwisata

-      Secara spasial berada pada kawasan strategis Antara potensi pariwisata dan agrobisnis Kabupaten Malang dan potensi wilayah akomodasi Kota Batu

Dari fungsi di atas, maka Kota Malang dibagi menjadi 6 BWK (Bagian Wilayah Kota) untuk mempermudah dalam pengembangannya.

1.    BWK Malang Utara, meliputi wilayah kecamatan Lowokwaru dengan funsi utama pendidikan, perdagangan dan jasa, industry besar/menegah dan kecil serta wisata budaya.

2.    BWK Malang Tengah, meliputi wilayah kecamatan Klojen, dengan fungsi utama yaitu pemerintahan, perkantoran, perdagangan dan jasa, sarana pedidikan, sarana olahraga dan sarana peribadatan.

3.    BWK Malang Barat, meliputi wilayah sebagian kecamatan Sukun dengan fungsi utama perdagangan dan jasa, dan pendidikan.

4.    BWK Malang Timur, meliputi wilayah sebagian kecamatan Kedungkandang dengan fungsi utama yaitu perkantoran, terminal, industry dan sarana olahraga.

5.    BWK Malang Timur Laut, meliputi sebagian wilayah kecamatan Blimbing dengan fungsi utama yaitu terminal, industry, perdagangan dan jasa, pendidikan dan sarana olahraga.

6.    BWK Malang Tenggara, meliputi wilayah sebagian kecamatan Sukun dan sebagian kecamatan Kedungkandang dengan fungsi utama yaitu perdagangan dan jasa, sport center, gedung convention center, industry dan perumahan.

Sumber : RTRW Kota Malang 2013-2018

No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM FEED

@soratemplates